Wednesday, October 6, 2010

Presiden Menerima Peserta The Future Defense Leader Workshop

Presiden SBY dan Menhan Purnomo Yusgiantoro, saat menrima peserta The Future Defense Leader Workshop, di Istana Negara, Jumat (30/7) sore. (foto: abror/presidensby.info)
Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi pengarahan kepada peserta The Future Defense Leaders Workshop, di Istana Negara, Jumat (30/7) sore. Mereka datang bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Workshop sendiri berlangsung pada 26 - 30 Juli di Jakarta.

Purnomo menjelaskan, workshop atau lokakarya diikuti 88 peserta. Mereka terdiri atas 4 perwira TNI berpangkat Letnan Kolonel, 48 Mayor dan Kapten, dan 36 peserta sipil dari berbagai institusi, di antaranya perguruan tinggi, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Luar Negeri, KNPI, Kowani, Pramuka, dan media.

Beberapa hal yang menjadi bahasan dalam lokakarya tersebut adalah perkembangan lingkungan strategis, pembangunan karakter dan kapasitas kepemimpinan, ekonomi pertahanan, pertahanan militer, dan pertahanan menghadapi ancaman nonmiliter. Setiap sore dan malam hari para peserta mengadakan diskusi.

Dalam arahannya, Presiden SBY mengatakan, ide lokakarya ini muncul ketika sedang berbincang dengan Menteri Pertahanan dan beberapa pejabat. "Terpikir oleh saya dan teman-teman waktu itu, mengapa kita tidak mempersiapkan dari sekarang anak-anak muda kita, militer dan nonmiliter, sehingga bangsa ini kaya akan sosok anak bangsa yang mengerti betul tentang hubungan internasional, tentang keamanan, dan tentang pertahanan," ujar SBY.

Lulusan lokakarya ini, lanjut SBY, nantinya akan memperbanyak pilihan untuk mengemban tugas di banyak posisi yang berhubungan dengan pertahanan dan keamanan, dan hubungan internasional.

Presiden juga setuju dengan saran dari salah satu peserta yang mengatakan bahwa akan baik bila lokakarya ini diadakan angkatan-angkatan selanjutnya. Para peserta lokakarya akan diundang pada peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara. Kapten (Inf) Agus Harimurti Yudhoyono merupakan salah seorang peserta lokakarya.

Hadir pula dalam acara ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mendiknas M Nuh, dan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso. (arc)

Dapat diakses di http://www.presidenri.go.id/index.php/fokus/2010/07/30/5713.html

No comments: